Formasi

A. Jabatan yang akan diisi melalui seleksi terbuka sebagai berikut:
Jabatan Pimpinan Tinggi Utama :

No

Jabatan

Eselon

Alokasi

1
Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia
1

Persyaratan Umum

PERSYARATAN UMUM

  1. Berstatus Pegawai Negeri Sipil;
  2. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang ditetapkan;
  3. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik;
  4. Sehat jasmani dan rohani;

Persyaratan Administrasi

  1. Berstatus Pegawai Negeri Sipil;
  2. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang ditetapkan;
  3. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik;
  4. Sehat jasmani dan rohani;
  5. Mendapat persetujuan/rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat yang mendapat delegasi untuk itu;
  6. Tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir;
  7. Mengajukan surat lamaran yang ditandatangani oleh Pelamar dan bermaterai Rp6.000,- yang ditujukan kepada Panitia Seleksi Terbuka Calon Pimpinan Tinggi Utama di lingkungan Arsip Nasional Republik Indonesia Tahun 2019;
  8. Berkomitmen untuk menandatangani Pakta Integritas; dan
  9. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi pengurus/anggota partai politik.

Persyaratan Khusus

  1. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana (S-1) atau diploma IV, diutamakan minimal pascasarjana (S-2);
  2. Memiliki pengalaman Jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 10 (sepuluh) tahun;
  3. Sedang atau pernah menduduki JPT Madya atau jabatan fungsional jenjang ahli utama paling singkat 2 (dua) tahun;
  4. Usia paling tinggi 58 (lima puluh delapan) tahun per tanggal 1 September 2019;
  5. Telah mengikuti dan lulus Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II, diutamakan telah lulus Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat I, kecuali bagi pelamar yang berasal dari pemangku jabatan fungsional jenjang ahli utama;
  6. Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Utama Madya (IV/d); dan
  7. Memiliki standar kompetensi teknis jabatan sebagai berikut :

NO.

NAMA JABATAN

STANDAR KOMPETENSI

TEKNIS JABATAN

LEVEL

1.

Kepala

Arsip Nasional Republik Indonesia

Kebijakan penyelenggaran kearsipan secara nasional

5

Advokasi penyelenggaraan kearsipan

5

Pengembangan SDM Kearsipan secara nasional

5

Pengendalian rencana strategis, kinerja, dan anggaran

5

Pengawasan kebijakan kearsipan

5

Pengembangan Sistem Informasi Kearsipan

5

Standardisasi kearsipan

5

Pengkajian dan pengembangan bidang kearsipan

5

Pemanfaatan dan Akses Kearsiapan

5

Dokumen Kelengkapan

Dokumen kelengkapan administrasi dalam bentuk softcopy sebagai berikut:

  1. Hasil cetak pendaftaran online;
  2. Surat lamaran yang ditandatangani oleh Pelamar dan bermaterai Rp6.000,-;
  3. Fotokopi KTP;
  4. Fotokopi Kartu NPWP;
  5. Fotokopi Ijazah yang dilegalisasi;
  6. Fotokopi SK Pengangkatan dalam jabatan terakhir yang telah dilegalisasi pejabat yang berwenang;
  7. Fotokopi SK Pangkat terakhir yang telah dilegalisasi pejabat yang berwenang;
  8. Fotokopi Penilaian Prestasi Kerja 2 (dua) tahun terakhir minimal Baik dan telah dilegalisasi pejabat yang berwenang;
  9. Fotokopi STTP Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan yang dipersyaratkan;
  10. Fotokopi tanda terima LHKPN;
  11. Fotokopi tanda bukti telah menyerahkan SPT Tahun 2018;
  12. Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah dan baju warna putih ukuran 4x6 sebanyak 5 (lima) lembar dengan menuliskan nama pelamar di belakang lembaran pas foto;
  13. Daftar Riwayat Hidup (format tersedia);
  14. Surat Persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat yang mendapat delegasi (format tersedia);
  15. Surat Keterangan tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir bermaterai Rp6.000,- yang dikeluarkan oleh instansi yang bersangkutan (format tersedia);
  16. Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah (dapat menyusul sebelum pelaksanaan tahap seleksi wawancara), yang terdiri dari:
    • Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Dokter Umum;
    • Surat Keterangan Sehat Rohani dari Dokter Jiwa/Psikiater; dan
    • Surat Keterangan Bebas Narkoba yang lengkap dengan hasil pemeriksaan laboratorium dalam 1 (satu) bulan terakhir.
  17. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku (dapat menyusul sebelum pelaksanaan tahap seleksi wawancara).

Ketentuan Lain-lain

  1. Dalam proses seleksi ini tidak dipungut biaya apapun.
  2. Berkas administrasi yang akan diproses adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan.
  3. Panitia seleksi tidak melakukan komunikasi melalui telepon dan kepada pelamar agar berhati-hati terhadap segala upaya penyalahgunaan pihak lain yang tidak bertanggung jawab dalam proses seleksi terbuka ini.
  4. Keputusan Panitia Seleksi setiap tahap adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
  5. Mengundang masyarakat untuk memberikan masukan atau informasi mengenai peserta yang dinyatakan lulus administrasi. Masukan tersebut dapat dikirim melalui email pegawai.anri@gmail.com sampai dengan tanggal 5 Agustus 2019.

Jadwal Seleksi

No.

Kegiatan

Waktu

1.

Pengumuman

2 Juli 2019

2.

Pendaftaran online

3 s.d. 17 Juli 2019

3.

Pendaftaran dan Penerimaan Berkas

3 s.d. 18 Juli 2019

4.

Seleksi Administrasi

3 s.d. 21 Juli 2019

5.

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

23 Juli 2019

6.

Seleksi Penulisan Makalah

25 Juli 2019

7.

Penilaian makalah

26 s.d. 28 Juli 2019

8.

Pengumuman hasil seleksi penulisan makalah

30 Juli 2019

9.

Seleksi Assessment Center

5 s.d. 6 Agustus 2019

10.

Seleksi wawancara dengan Panitia Seleksi

7 s.d. 8 Agustus 2019

11.

Pemberitahuan hasil seleksi akhir

14 Agustus 2019

Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu, dan setiap perubahan jadwal akan diberitahukan kepada peserta melalui website.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 3 s.d. 17 Juli 2019 selama 15 (lima belas) hari kalender secara online melalui website https://daftar.menpan.go.id atau dapat melalui menu “Daftar” pada halaman utama situs https://www.menpan.go.id dengan mengunggah (upload) dokumen kelengkapan administrasi dalam bentuk softcopy.
  2. Berkas Administrasi (hardcopy) diserahkan kepada Sekretariat Panitia Seleksi Terbuka Calon Pimpinan Tinggi Utama Kepala Arsip Nasional Republik Indoonesia Tahun 2019, Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560, paling lambat tanggal 18 Juli 2019, sebelum pukul 16.00 WIB, kecuali berkas pada huruf p dan q dapat diterima paling lambat 6 Agustus 2019.
  3. Seluruh pengumuman dan perkembangan tahapan seleksi akan disampaikan melalui website https://menpan.go.id dan https://www.anri.go.id. Untuk itu peserta seleksi diharapkan untuk aktif mengakses website tersebut.
  4. Apabila terdapat kesulitan dalam proses pendaftaran secara online, harap menghubungi Bagian Kepegawaian, Arsip Nasional Republik Indonesia nomor telpon (021) 7805851 extention 319 atau 237 dan 0813 8467 9606 (WA).