Formasi

A. Jabatan yang akan diisi melalui seleksi terbuka sebagai berikut:
Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama :

No

Jabatan

Unit Kerja

Eselon

Alokasi

1
Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan II
Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan
II.a
2
Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan III
Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan
II.a
3
Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Sistem Kelembagaan dan Tata Laksana
Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana
II.a
4
Asisten Deputi Standarisasi Jabatan dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Aparatur
Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur
II.a
5
Sekretaris Deputi Bidang Pelayanan Publik
Deputi Bidang Pelayanan Publik
II.a
6
Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik
Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana
II.a

Persyaratan Umum

PERSYARATAN UMUM

  1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil;
  2. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana atau Diploma IV;
  3. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang ditetapkan;
  4. Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 5 (lima) tahun;
  5. Sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator atau jabatan fungsional jenjang ahli madya paling singkat 2 (dua) tahun;
  6. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik;
  7. Usia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun per tanggal 25 November 2020;
  8. Sehat jasmani dan rohani;
  9. Mendapat persetujuan/rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat yang mendapat delegasi untuk itu;
  10. Tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir;
  11. Mengajukan surat lamaran yang ditandatangani oleh Pelamar dan bermaterai Rp6.000,- yang ditujukan kepada Panitia Seleksi Terbuka Calon Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tahun 2020;
  12. Berkomitmen untuk menandatangani Pakta Integritas;
  13. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi pengurus/anggota partai politik;
  14. Telah mengikuti dan lulus Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III, diutamakan telah lulus Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II, kecuali bagi pelamar yang berasal dari pemangku jabatan fungsional jenjang ahli madya;
  15. Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Tingkat I (IV/b);
  16. Telah menyerahkan LHKASN tahun 2019; dan
  17. Telah menyerahkan SPT tahunan Tahun 2019.

Persyaratan Khusus

Pelamar pada Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik: 

  1. Memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam tentang konsep dan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE); dan
  2. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana (S1) atau Diploma IV, diutamakan Magister (S2) di bidang yang terkait dengan Teknologi Informasi

Dokumen Kelengkapan

Dokumen kelengkapan administrasi dalam bentuk softcopy sebagai berikut:

  1. Surat lamaran yang ditandatangani oleh Pelamar dan bermaterai Rp6.000,-;
  2. KTP;
  3. Kartu NPWP;
  4. Ijazah yang dilegalisasi;
  5. SK Pengangkatan dalam jabatan terakhir yang telah dilegalisasi pejabat yang berwenang;
  6. SK Pangkat terakhir yang telah dilegalisasi pejabat yang berwenang;
  7. Penilaian Prestasi Kerja 2 (dua) tahun terakhir minimal Baik dan telah dilegalisasi pejabat yang berwenang;
  8. STTP Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan yang dipersyaratkan;
  9. tanda terima LHKASN;
  10. tanda bukti telah menyerahkan SPT Tahun 2019;
  11. Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah dan baju warna putih ukuran 4x6 sebanyak 3 (tiga) lembar dengan menuliskan nama pelamar di belakang lembaran pas foto;
  12. Daftar Riwayat Hidup (format tersedia);
  13. Surat Persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat yang mendapat delegasi (format tersedia);
  14. Surat Keterangan tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir bermaterai Rp6.000,- yang dikeluarkan oleh instansi yang bersangkutan (format tersedia).

Ketentuan Lain-lain

  1. Bagi peserta yang lulus seleksi administrasi agar memperlihatkan bukti pendaftaran yang dapat diunduh pada https://daftar.menpan.go.id pada saat seleksi penulisan makalah secara online tanggal 15-16 Oktober 2020.
  2. Bagi peserta yang lulus seleksi penulisan makalah dan akan mengikuti tahapan selanjutnya agar mengunggah dokumen tambahan dalam bentuk softcopy melalui website https://daftar.menpan.go.id paling lambat 11 November 2020 sebelum seleksi Wawancara jarak jauh (video conference) dengan Panitia Seleksi.
  3. Berkas lamaran yang akan diproses adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan.
  4. Panitia seleksi tidak melakukan komunikasi melalui telepon dan kepada pelamar agar berhati-hati terhadap segala upaya penyalahgunaan pihak lain yang tidak bertanggung jawab dalam proses seleksi terbuka ini.
  5. Keputusan Panitia Seleksi setiap tahapan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
  6. Mengundang masyarakat untuk memberikan masukan atau informasi mengenai peserta yang dinyatakan lulus administrasi. Masukan tersebut dapat dikirim melalui email pansel.menpan@menpan.go.id

Jadwal Seleksi

No.

Kegiatan

Waktu

Keterangan

1.

Pengumuman

23 September 2020

1 hari kerja

2.

Pendaftaran online dengan upload berkas

23 September – 13 Oktober 2020

21 hari kalender

3.

Seleksi administrasi

24 September – 13 Oktober 2020

20 hari kalender

4.

Pengumuman hasil seleksi administrasi

14 Oktober 2020

1 hari kerja

5.

Seleksi penulisan makalah (online)

15 - 16 Oktober 2020

2 hari kerja

6.

Penilaian makalah

19 – 23 Oktober 2020

5 hari kerja

7.

Pengumuman hasil seleksi penulisan makalah

27 Oktober 2020

1 hari kerja

8.

Seleksi Assessment center

2 – 3 November 2020

2 hari kerja

9.

Pengumuman hasil Assessment center

11 November 2020

1 hari kerja

10.

Seleksi wawancara dengan Panitia Seleksi (online)

12 – 13 November 2020

2 hari kerja

11.

Pemberitahuan hasil seleksi akhir

19 November 2020

1 hari kerja

Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu, dan setiap perubahan jadwal akan diberitahukan kepada peserta melalui website dan email.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 23 September – 7 Oktober 2020 selama 15 hari kalender secara online melalui website https://daftar.menpan.go.id dengan mengunggah (upload) dokumen kelengkapan administrasi dalam bentuk softcopy (scan)
  2. Seluruh pengumuman dan perkembangan tahapan seleksi akan disampaikan melalui website https://menpan.go.id. Untuk itu peserta seleksi diharapkan untuk aktif mengakses website tersebut.
  3. Bagi peserta yang lulus seleksi administrasi agar memperlihatkan bukti pendaftaran yang dapat diunduh pada https://daftar.menpan.go.id pada saat seleksi penulisan makalah secara online tanggal 14 Oktober 2020.
  4. Bagi peserta yang lulus seleksi penulisan makalah dan akan mengikuti tahapan selanjutnya agar mengunggah (upload) dokumen tambahan dalam bentuk softcopy melalui website https://daftar.menpan.go.id paling lambat tanggal 2 November 2020 sebelum seleksi Wawancara jarak jauh (video conference) dengan Panitia Seleksi. Adapun dokumen tambahan yang harus diunggah adalah sebagai berikut:
    1. Scan Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah, yang terdiri dari:
      1. Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Dokter Umum;
      2. Surat Keterangan Sehat Rohani dari Dokter Jiwa/Psikiater; dan
      3. Surat Keterangan Bebas Narkoba yang lengkap dengan hasil pemeriksaan laboratorium dalam 1 (satu) bulan terakhir.
    2. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku

  5. Bagi peserta yang lulus seleksi penulisan makalah agar mengirimkan dokumen kelengkapan administrasi sebagaimana disebutkan pada poin 1 dan poin 4 dalam bentuk fotokopi paling lambat tanggal 6 November 2020 kepada sekretariat panitia seleksi dengan alamat:

    SEKRETARIAT PANITIA SELEKSI TERBUKA
    JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA
    d.a. Biro Sumber Daya Manusia dan Umum
    Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
    Jalan Jenderal Sudirman Kav. 69, Jakarta Selatan 12190
    Telp. (021) 7398381 ext. 2223

  6. Apabila terdapat kesulitan dalam proses pendaftaran secara online, harap menghubungi Bagian Sumber Daya Manusia Kementerian PANRB nomor telepon (021) 7398381 extention 2223 dan 0896-7735-7088 (WA).