Formasi

A. Jabatan yang akan diisi melalui seleksi terbuka sebagai berikut:
Jabatan Pimpinan Tinggi Utama :

No

Jabatan

Eselon

Unit Kerja

Alokasi

1
Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia
I.a
1

Persyaratan Umum

PERSYARATAN UMUM
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Memiliki kualifikasi Pendidikan paling rendah Sarjana atau Diploma IV, diutamakan Pascasarjana (S-2) atau Magister;
  3. Usia paling tinggi 58 (lima puluh delapan) tahun per tanggal 1 Mei 2021;
  4. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang ditetapkan;
  5. Memiliki pengalaman Jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 10 (sepuluh) tahun;
  6. Sedang atau pernah menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Madya atau jabatan fungsional jenjang ahli utama paling singkat 2 (dua) tahun;
  7. Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Utama Madya (IV/d);

Persyaratan Administrasi

PERSYARATAN UMUM
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Memiliki kualifikasi Pendidikan paling rendah Sarjana atau Diploma IV, diutamakan Pascasarjana (S-2) atau Magister;
  3. Usia paling tinggi 58 (lima puluh delapan) tahun per tanggal 1 Mei 2021;
  4. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang ditetapkan;
  5. Memiliki pengalaman Jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 10 (sepuluh) tahun;
  6. Sedang atau pernah menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Madya atau jabatan fungsional jenjang ahli utama paling singkat 2 (dua) tahun;
  7. Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Utama Madya (IV/d);
  8. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik;
  9. Sehat jasmani dan rohani;
  10. Mendapat persetujuan/rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat yang mendapat delegasi untuk itu;
  11. Tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir;
  12. Berkomitmen untuk menandatangani Pakta Integritas;
  13. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi pengurus/anggota partai politik;
  14. Telah mengikuti dan lulus Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat I, kecuali bagi pelamar yang berasal dari pemangku jabatan fungsional jenjang ahli utama;
  15. Telah menyerahkan LHKPN Tahun 2020 atau Tahun 2019;
  16. Telah menyerahkan SPT Tahunan Tahun 2020; dan
  17. Mengajukan surat lamaran yang ditandatangani oleh Pelamar dan bermaterai Rp10.000,- yang ditujukan kepada Panitia Seleksi Terbuka Calon Pimpinan Tinggi Utama di lingkungan Arsip Nasional Republik Indonesia Tahun 2021.

Persyaratan Khusus

PERSYARATAN KHUSUS

  1. Memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam tentang kearsipan;
  2. Memiliki pengalaman bekerja sama dengan badan/Lembaga internasional;
  3. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik; dan
  4. Memiliki jejaring komunikasi yang luas yang dapat menunjang pelaksanaan tugas jabatannya.

Dokumen Kelengkapan

Dokumen kelengkapan administrasi dalam bentuk softcopy sebagai berikut:

  1. Surat lamaran yang ditandatangani oleh Pelamar dan bermaterai   Rp10.000,- sesuai format pada Lampiran I;
  2. KTP Elektronik;
  3. Kartu NPWP;
  4. Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah dan baju warna putih ukuran 4x6 cm;
  5. Ijazah terakhir;
  6. SK Pengangkatan dalam jabatan terakhir;
  7. SK Pangkat terakhir;
  8. Penilaian Prestasi Kerja 2 (dua) tahun terakhir (Tahun 2019 dan 2020) minimal Baik;
  9. STTP Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan terakhir yang dipersyaratkan;
  10. Tanda terima LHKPN Tahun 2020 atau Tahun 2019;
  11. Tanda bukti telah menyerahkan SPT Tahun 2020;
  12. Daftar Riwayat Hidup sesuai format pada Lampiran II;
  13. Surat Persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat yang mendapat delegasi sesuai format pada Lampiran III;
  14. Surat pernyataan tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik dan tidak memiliki afiliasi dengan partai politik manapun sesuai format pada Lampiran IV.
  15. Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Dokter Umum;
  16. Surat Keterangan Sehat Rohani dari Dokter Jiwa/Psikiater; dan
  17. Surat Keterangan Bebas Narkoba yang lengkap dengan hasil pemeriksaan laboratorium dalam 1 (satu) bulan terakhir.
  18. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.
  19. Surat Keterangan tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir bermaterai Rp10.000,- yang dikeluarkan oleh instansi yang bersangkutan sesuai format pada Lampiran V.

Ketentuan Lain-lain

  1. Dalam proses seleksi ini tidak dipungut biaya apapun.
  2. Berkas administrasi yang akan diproses adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan.
  3. Panitia seleksi tidak melakukan komunikasi melalui telepon dan kepada pelamar agar berhati-hati terhadap segala upaya penyalahgunaan pihak lain yang tidak bertanggung jawab dalam proses seleksi terbuka ini.
  4. Keputusan Panitia Seleksi setiap tahap adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
  5. Mengundang masyarakat untuk memberikan masukan atau informasi mengenai peserta yang dinyatakan lulus administrasi. Masukan tersebut dapat dikirim melalui email kepegawaian@anri.go.id.

Jadwal Seleksi

No.

Kegiatan

Waktu

Keterangan

1.

Pengumuman

1 Maret 2021

1 hari kerja

2.

Pendaftaran online dengan upload berkas

1 s.d 5 Maret 2021

5 hari kerja

3.

Proses Administrasi

1 s.d 10 Maret 2021

8 hari kerja

4.

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

16 Maret 2021

1 hari kerja

5.

Seleksi Penulisan Makalah (online)

22 Maret 2021

1 hari kerja

6.

Penilaian Makalah

23 s.d 25 Maret 2021

3 hari kerja

7.

Pengumuman Hasil Seleksi Penulisan Makalah

26 Maret 2021

1 hari kerja

8.

Seleksi Assessment Center (online)

29 s.d 30 Maret 2021

2 hari kerja

9.

Presentasi Makalah dan Seleksi Wawancara dengan Panitia Seleksi (online)

7 April 2021

1 hari kerja

10.

Pemberitahuan Hasil Akhir Seleksi

14 April 2021

1 hari kerja

Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu, dan setiap perubahan jadwal akan diberitahukan kepada peserta melalui website dan email.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website https://daftar.menpan.go.id selama 5 (lima) hari kerja mulai tanggal 1 Maret 2021 dan ditutup pada tanggal 5 Maret 2021 paling lambat pukul 23.59 WIB.
  2. Seluruh berkas lamaran diunggah (upload) dalam bentuk softcopy (scan) dengan format PDF (kecuali untuk foto dalam format jpg/jpeg).
  3. Seluruh pengumuman dan perkembangan tahapan seleksi akan disampaikan melalui website https://menpan.go.id. Untuk itu peserta seleksi diharapkan untuk aktif mengakses website tersebut.
  4. Bagi peserta yang lulus seleksi penulisan makalah dan akan mengikuti tahapan selanjutnya agar mengunggah (upload) dokumen tambahan dalam bentuk softcopy melaui website https://daftar.menpan.go.id paling lambat tanggal sebelum seleksi Wawancara jarak jauh (video conference) dengan Panitia Seleksi.
  5. Apabila terdapat kesulitan dalam proses pendaftaran secara online, harap menghubungi Bagian Kepegawaian, Arsip Nasional Republik Indonesia nomor telpon (021) 7805851 extention 223 atau 237 dan 0813 1103 9145.