Formasi

A. Jabatan yang akan diisi melalui seleksi terbuka sebagai berikut:
Jabatan Pimpinan Tinggi Madya :

No

Jabatan

Unit Kerja

Eselon

Alokasi

1
Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana
Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana
I.a
1
2
Staf Ahli Bidang Administrasi Negara
Menteri
I.b
1
3
Staf Ahli Bidang Budaya Kerja
Menteri
I.b
1
Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama :

No

Jabatan

Unit Kerja

Eselon

Alokasi

1
Asisten Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Perekonomian, Kemaritiman dan Investasi
Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana
II.a
1
2
Sekretaris Deputi Bidang SDM Aparatur
Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur
II.a
1
3
Asisten Deputi Percepatan Transformasi Digital Manajemen Aparatur Sipil Negara
Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur
II.a
1
4
Asisten Deputi Perumusan Sistem dan Strategi Kebijakan Pelayanan Publik
Deputi Bidang Pelayanan Publik
II.a
1
5
Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat
Deputi Bidang Pelayanan Publik
II.a
1
6
Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik
Deputi Bidang Pelayanan Publik
II.a
1
7
Inspektur Kementerian
Inspektorat
II.a
1

Persyaratan Umum

PERSYARATAN UMUM
  1. Warga negara Indonesia;
  2. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang ditetapkan;
  3. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik;
  4. Sehat jasmani dan rohani;
  5. Mendapat persetujuan/rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat yang mendapat delegasi untuk itu;
  6. Tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir;
  7. Mengajukan surat lamaran yang ditandatangani oleh Pelamar dan bermaterai Rp10.000,- yang ditujukan kepada Panitia Seleksi Terbuka Calon Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tahun 2022;
  8. Berkomitmen untuk menandatangani Pakta Integritas;
  9. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi pengurus/anggota partai politik.

Persyaratan Khusus

  1. Bagi pelamar Jabatan Pimpinan Tinggi Madya:
    1. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana atau Diploma IV, diutamakan pascasarjana (S-2) atau magister;
    2. Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 7 (tujuh) tahun;
    3. Sedang atau pernah menduduki JPT Pratama atau jabatan fungsional jenjang ahli utama paling singkat 2 (dua) tahun;
    4. Usia paling tinggi 58 (lima puluh delapan) tahun per tanggal 1 April 2022;
    5. Telah mengikuti dan lulus Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II, diutamakan telah lulus Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat I, kecuali bagi pelamar yang berasal dari pemangku jabatan fungsional jenjang ahli utama; dan
    6. Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Utama Muda (IV/c).
  2. Bagi pelamar Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama:
    1. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana atau Diploma IV, diutamakan pascasarjana (S-2) atau magister;
    2. Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 5 (lima) tahun;
    3. Sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator atau jabatan fungsional jenjang ahli madya paling singkat 2 (dua) tahun;
    4. Usia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun per tanggal 1 April 2022;
    5. Telah mengikuti dan lulus Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III, diutamakan telah lulus Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II, kecuali bagi pelamar yang berasal dari pemangku jabatan fungsional jenjang ahli madya; dan
    6. Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Utama Muda (IV/b).
  3. Tambahan syarat khusus Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana:
    1. Diutamakan memiliki pengetahuan mengenai organisasi dan manajemen dan memiliki pengalaman dalam perumusan kebijakan di bidang Teknologi Informasi.

Dokumen Kelengkapan

  1. Surat lamaran yang ditandatangani oleh pelamar dan bermaterai Rp10.000,- sesuai format pada Lampiran I;
  2. KTP;
  3. Kartu NPWP;
  4. Pas foto ukuran 4x6 cm;
  5. Ijazah terakhir;
  6. SK Pengangkatan dalam jabatan terakhir;
  7. SK Pangkat terakhir;
  8. Penilaian Prestasi Kerja 2 (dua) tahun terakhir (tahun 2019 dan 2020) minimal Baik;
  9. STTP Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan yang dipersyaratkan;
  10. tanda terima LHKPN tahun 2020/2021 bagi pelamar Pejabat Pimpinan Tinggi Madya atau LHKASN bagi pelamar Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama;
  11. tanda bukti telah menyerahkan SPT Tahun 2021;
  12. Daftar Riwayat Hidup sesuai format pada Lampiran II;
  13. Surat Persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat yang mendapat delegasi sesuai format pada Lampiran III;
  14. Surat pernyataan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara dan tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat dari PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia sesuai format pada Lampiran IV; dan
  15. Surat pernyataan tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik dan tidak memiliki afiliasi dengan partai politik manapun sesuai format pada Lampiran V.

Ketentuan Lain-lain

  1. Dalam proses seleksi ini tidak dipungut biaya apapun.
  2. Berkas lamaran yang akan diproses adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan.
  3. Panitia seleksi tidak melakukan komunikasi melalui telepon dan kepada pelamar agar berhati-hati terhadap segala upaya penyalahgunaan pihak lain yang tidak bertanggung jawab dalam proses seleksi terbuka ini.
  4. Keputusan Panitia Seleksi setiap tahapan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
  5. Mengundang masyarakat untuk memberikan masukan atau informasi mengenai peserta yang dinyatakan lulus administrasi. Masukan tersebut dapat dikirim melalui email pansel.menpan@menpan.go.id

Jadwal Seleksi

No.

Kegiatan

Waktu

Keterangan

1.

Pengumuman

5 – 19 Januari 2022

15 hari kalender

2.

Pendaftaran online dengan upload berkas

5 – 19 Januari 2022

15 hari kalender

3.

Seleksi administrasi

6 – 20 Januari 2022

15 hari kalender

4.

Pengumuman hasil seleksi administrasi

21 Januari 2022

1 hari kerja

5.

Seleksi penulisan makalah

24 Januari 2022

1 hari kerja

6.

Penilaian makalah

25 – 28 Januari 2022

4 hari kerja

7.

Pengumuman hasil seleksi penulisan makalah

31 Januari 2022

1 hari kerja

8.

Seleksi Assessment center

2 – 3 Februari 2022

2 hari kerja

9.

Pengumuman hasil seleksi Assessment Center

18 Februari 2022

1 hari kerja

10.

Seleksi wawancara dengan Panitia Seleksi

21 – 22 Februari 2022

2 hari kerja

11.

Pemberitahuan hasil seleksi akhir

1 Maret 2022

1 hari kerja

Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu, dan setiap perubahan jadwal akan diberitahukan kepada peserta melalui website dan email.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website https://daftar.menpan.go.id selama 15 hari kalender mulai tanggal 5 Januari 2022 dan ditutup pada tanggal 19 Januari 2022 paling lambat pukul 23.59 WIB.
  2. Seluruh berkas lamaran diunggah (upload) dalam bentuk softcopy (scan) dengan format PDF (kecuali untuk foto dalam format jpg/jpeg).
  3. Seluruh pengumuman dan perkembangan tahapan seleksi akan disampaikan melalui website https://menpan.go.id. Untuk itu peserta seleksi diharapkan untuk aktif mengakses website tersebut.
  4. Bagi peserta yang lulus seleksi penulisan makalah dan akan mengikuti tahapan selanjutnya agar mengunggah (upload) dokumen tambahan dalam bentuk softcopy melalui website https://daftar.menpan.go.id paling lambat tanggal 18 Februari 2022 sebelum seleksi Wawancara dengan Panitia Seleksi. Adapun dokumen tambahan yang harus diunggah adalah sebagai berikut:
    1. Scan Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah, yang terdiri dari:
      1. Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Dokter;
      2. Surat Keterangan Sehat Rohani dari Dokter Jiwa/; dan
      3. Surat Keterangan Bebas Narkoba yang lengkap dengan hasil pemeriksaan laboratorium dalam 1 (satu) bulan terakhir.
    2. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.
    3. Surat Keterangan tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir bermaterai Rp10.000,- yang dikeluarkan oleh instansi yang bersangkutan sesuai format pada Lampiran VI.
  5. Apabila terdapat kesulitan dalam proses pendaftaran secara online, harap menghubungi Koordinator Sumber Daya Manusia Kementerian PANRB nomor telepon (021) 7398381 extention 2223 dan 0896-7735-7088 (WA).