Formasi

A. Jabatan yang akan diisi melalui seleksi terbuka sebagai berikut:
Jabatan Pimpinan Tinggi Madya :

No

Jabatan

Unit Kerja

Eselon

Alokasi

1
Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum
Menteri
I.b
Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama :

No

Jabatan

Unit Kerja

Eselon

Alokasi

1
Sekretaris Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana
Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana
II.a

Persyaratan Umum

PERSYARATAN UMUM

  1. Warga negara Indonesia;
  2. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang ditetapkan;
  3. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik;
  4. Sehat jasmani dan rohani;
  5. Mendapat persetujuan/rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian ataupejabat yang berwenang;
  6. Tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir;
  7. Mengajukan surat lamaran yang ditandatangani oleh Pelamar dan bermaterai Rp10.000,- yang ditujukan kepada Panitia Seleksi Terbuka Calon Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tahun 2023;
  8. Berkomitmen untuk menandatangani Pakta Integritas;
  9. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi pengurus/anggota partai politik.

Persyaratan Khusus

  1. Bagi pelamar Jabatan Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum :
    1. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana atau Diploma IV, diutamakan pascasarjana (S-2) atau magister;
    2. Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 7 (tujuh) tahun;
    3. Sedang atau pernah menduduki JPT Pratama atau jabatan fungsional jenjang ahli utama paling singkat 2 (dua) tahun;
    4. Usia paling tinggi 58 (lima puluh delapan) tahun per tanggal 1 Juli 2023;
    5. Bagi pelamar yang berasal dari pemangku jabatan struktural, telah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat II, diutamakan telah lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat I;
    6. Bagi pelamar yang berasal dari pemangku jabatan fungsional jenjang ahli utama dapat menyampaikan sertifikat pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepemimpinan yang pernah diikuti;
    7. Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Tingkat I (IV/b), diutamakan yang memiliki pangkat Pembina Utama Muda (IV/c);
    8. Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan bidang hukum;
    9. >Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik; dan
    10. Memiliki jejaring komunikasi yang luas yang dapat menunjang pelaksanaan tugas jabatannya.
  2. Bagi pelamar Jabatan Sekretaris Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana:
    1. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana atau Diploma IV, diutamakan pascasarjana (S-2) atau magister;
    2. Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 5 (lima) tahun;
    3. Sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator atau jabatan fungsional jenjang ahli madya paling singkat 2 (dua) tahun;
    4. Usia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun per tanggal 1 Juli 2023;
    5. Bagi pelamar yang berasal dari pemangku jabatan struktural, telah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III, diutamakan telah lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat II;
    6. Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Utama Muda (IV/b).
    7. Bagi pelamar yang berasal dari pemangku jabatan fungsional jenjang ahli madya dapat menyampaikan sertifikat pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepemimpinan yang pernah diikuti; dan
    8. Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Utama Muda (IV/b).

Dokumen Kelengkapan

  1. Surat lamaran yang ditandatangani oleh pelamar dan bermaterai Rp10.000,- sesuai format pada Lampiran I;
  2. KTP;
  3. Kartu NPWP;
  4. Pas foto ukuran 4x6 cm;
  5. Ijazah terakhir;
  6. SK Pengangkatan dalam jabatan terakhir;
  7. SK Pangkat terakhir;
  8. Penilaian Prestasi Kerja 2 (dua) tahun terakhir (tahun 2021 dan 2022) minimal Baik;
  9. STTP Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan yang dipersyaratkan;
  10. Tanda terima LHKPN tahun 2021/2022 bagi pelamar Pejabat Pimpinan Tinggi Madya atau LHKASN bagi pelamar Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama;
  11. Tanda bukti telah menyerahkan SPT Tahun 2022;
  12. Daftar Riwayat Hidup sesuai format pada Lampiran II;
  13. Surat Persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat yang mendapat delegasi sesuai format pada Lampiran III;
  14. Surat pernyataan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara dan tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat dari PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia sesuai format pada Lampiran IV; dan
  15. Surat pernyataan tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik dan tidak memiliki afiliasi dengan partai politik manapun sesuai format pada Lampiran V.

Ketentuan Lain-lain

  1. Dalam proses seleksi ini tidak dipungut biaya apapun.
  2. Berkas lamaran yang akan diproses adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan.
  3. Panitia seleksi tidak melakukan komunikasi melalui telepon dan kepada pelamar agar berhati-hati terhadap segala upaya penyalahgunaan pihak lain yang tidak bertanggung jawab dalam proses seleksi terbuka ini.
  4. Keputusan Panitia Seleksi setiap tahapan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
  5. Mengundang masyarakat untuk memberikan masukan atau informasi mengenai peserta yang dinyatakan lulus administrasi. Masukan tersebut dapat dikirim melalui email pansel.menpan@menpan.go.id

Jadwal Seleksi

No.

Kegiatan

Waktu

Keterangan

1.

Pengumuman

13 - 17 Maret 2023

5 hari kalender

2.

Pengumuman Perpanjangan pendaftaran Online

24 Maret 2023

1 hari kerja

3.

Perpanjangan pendaftaran online dengan upload berkas

24 – 30 Maret 2023

7 hari kalender

4

Pengumuman perpanjangan kedua pendaftaran online dengan upload berkas Jabatan Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum

4 April 2023

1 hari kerja

 

Pengumuman hasil seleksi administrasi Jabatan Sekretaris Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana

4 April 2023

1 hari kerja

 

Perpanjangan kedua pendaftaran online dengan upload berkas Jabatan Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum

5 - 11 April 2023

7 hari kalender

4.

Pengumuman hasil seleksi administrasi administrasi jabatan Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum

13 April 2023

1 hari kerja

5.

Seleksi penulisan makalah

17 April 2023

1 hari kerja

6.

Penilaian makalah

18 & 26 April 2023

2 hari kerja

7.

Pengumuman hasil seleksi penulisan makalah

28 April 2023

1 hari kerja

8.

Seleksi Assessment center

2 – 5 Mei 2023

4hari kerja

9.

Pengumuman hasil seleksi Assessment Center

16 Mei 2023

1 hari kerja

10.

Seleksi wawancara dengan Panitia Seleksi

19 Mei 2023

2 hari kerja

11.

Pemberitahuan hasil seleksi akhir

8 Juni 2023

1 hari kerja

Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu, dan setiap perubahan jadwal akan diberitahukan kepada peserta melalui website dan email.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website https://daftar.menpan.go.id selama 5 (lima) hari kerja mulai tanggal 14 Maret 2023 dan ditutup pada tanggal 20 Maret 2023 paling lambat pukul 16.00 WIB.
  2. Seluruh berkas lamaran diunggah (upload) dalam bentuk softcopy (scan) dengan format PDF (kecuali untuk foto dalam format jpg/jpeg).
  3. Seluruh pengumuman dan perkembangan tahapan seleksi akan disampaikan melalui website https://menpan.go.id. Untuk itu peserta seleksi diharapkan untuk aktif mengakses website tersebut.
  4. Bagi peserta yang lulus seleksi penulisan makalah dan akan mengikuti tahapan selanjutnya agar mengunggah (upload) dokumen tambahan dalam bentuk softcopy melalui website https://daftar.menpan.go.id paling lambat tanggal 14 April 2023 sebelum seleksi Wawancara dengan Panitia Seleksi. Adapun dokumen tambahan yang harus diunggah adalah sebagai berikut:
    1. Scan Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah, yang terdiri dari:
      1. Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Dokter;
      2. Surat Keterangan Sehat Rohani dari Dokter Jiwa/; dan
      3. Surat Keterangan Bebas Narkoba yang lengkap dengan hasil pemeriksaan laboratorium dalam 1 (satu) bulan terakhir.
    2. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.
    3. Surat Keterangan tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir bermaterai Rp10.000,- yang dikeluarkan oleh instansi yang bersangkutan sesuai format pada Lampiran VI.
  5. Narahubung sekretariat panitia seleksi terbuka adalah 0896-7735-7088 (WA) dapat dihubungi pada hari dan jam kerja yaitu Senin – Kamis (08.00 – 16.00 WIB) dan Jum’at (08.00 – 16.30 WIB).