Formasi

A. Jabatan yang akan diisi melalui seleksi terbuka sebagai berikut:
Jabatan Pimpinan Tinggi Madya :

No

Jabatan

Unit Kerja

Eselon

Alokasi

1
Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum
Menteri
I.b
1

Persyaratan Umum

PERSYARATAN UMUM

  1. Warga negara Indonesia;
  2. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang ditetapkan;
  3. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik;
  4. Sehat jasmani dan rohani;
  5. Mendapat persetujuan/rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau Pejabat yang Berwenang;
  6. Tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir;
  7. Mengajukan surat lamaran yang ditandatangani oleh pelamar dan bermeterai Rp10.000,- yang ditujukan kepada Panitia Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tahun 2024;
  8. Berkomitmen untuk menandatangani Pakta Integritas; dan
  9. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi pengurus/anggota partai politik.

Persyaratan Khusus

  1. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana atau Diploma IV, diutamakan pascasarjana (S-2) atau magister;
  2. Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 7 (tujuh) tahun;
  3. Sedang atau pernah menduduki JPT Pratama atau jabatan fungsional jenjang ahli utama paling singkat 2 (dua) tahun;
  4. Usia paling tinggi 58 (lima puluh delapan) tahun per tanggal 1 Agustus 2024;
  5. Bagi pelamar yang berasal dari pemangku jabatan struktural, telah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat II, diutamakan telah lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat I;
  6. Bagi pelamar yang berasal dari pemangku jabatan fungsional jenjang ahli utama dapat menyampaikan sertifikat pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepemimpinan yang pernah diikuti;
  7. Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Tingkat I (IV/b), diutamakan yang memiliki pangkat Pembina Utama Muda (IV/c);
  8. Diutamakan memiliki latar belakang/pengalaman di bidang hukum, politik, dan pemerintahan; dan
  9. Memiliki jejaring komunikasi yang luas yang dapat menunjang pelaksanaan tugas jabatannya.

Dokumen Kelengkapan

  1. Dokumen berkas lamaran adalah sebagai berikut:
    1. Surat lamaran yang ditandatangani oleh pelamar dan bermeterai Rp10.000,- sesuai format pada Lampiran I;
    2. KTP;
    3. Kartu NPWP;
    4. Pas foto ukuran 4x6 cm;
    5. Ijazah terakhir;
    6. SK Pengangkatan dalam jabatan terakhir;
    7. SK Pangkat terakhir;
    8. Penilaian Prestasi Kerja 2 (dua) tahun terakhir (tahun 2022 dan 2023) minimal Baik;
    9. STTP Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan yang dipersyaratkan;
    10. Tanda terima LHKPN tahun 2022/2023;
    11. Tanda bukti telah menyerahkan SPT Tahun 2023;
    12. Daftar Riwayat Hidup sesuai format pada Lampiran II;
    13. Surat Persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau Pejabat yang Berwenang sesuai format pada Lampiran III;
    14. Surat pernyataan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara dan tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat dari PNS sesuai format pada Lampiran IV;
    15. Surat pernyataan tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik dan tidak memiliki afiliasi dengan partai politik manapun sesuai format pada Lampiran V; dan
    16. Surat Keterangan tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir bermeterai Rp10.000,- yang dikeluarkan oleh instansi yang bersangkutan sesuai format pada Lampiran VI.
  2. Bagi pelamar yang lulus seleksi penulisan makalah dan akan mengikuti tahapan selanjutnya agar mengunggah (upload) dokumen tambahan dalam bentuk softcopy melalui website https://daftar.menpan.go.id paling lambat tanggal 16 Mei 2024 sebelum seleksi Wawancara dengan Panitia Seleksi. Adapun dokumen tambahan yang harus diunggah adalah sebagai berikut:
    1. Scan Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah, yang terdiri dari:
      1. Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Dokter;
      2. Surat Keterangan Sehat Rohani dari Dokter Jiwa/; dan
      3. Surat Keterangan Bebas Narkoba yang lengkap dengan hasil pemeriksaan laboratorium dalam 1 (satu) bulan terakhir.
    2. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.

Ketentuan Lain-lain

  1. Dalam proses seleksi ini tidak dipungut biaya apapun.
  2. Berkas lamaran yang akan diproses adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan.
  3. Panitia Seleksi tidak melakukan komunikasi melalui telepon dan kepada pelamar agar berhati-hati terhadap segala upaya penyalahgunaan pihak lain yang tidak bertanggung jawab dalam proses seleksi terbuka ini.
  4. Keputusan Panitia Seleksi setiap tahapan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
  5. Mengundang masyarakat untuk memberikan masukan atau informasi mengenai pelamar yang dinyatakan lulus administrasi. Masukan tersebut dapat dikirim melalui email pansel.menpan@menpan.go.id.

Jadwal Seleksi

No.

Kegiatan

Waktu

Keterangan

1.

Pengumuman

19 Maret – 2 April 2024

15 hari kalender

2.

Pendaftaran online dengan upload berkas

20 Maret – 3 April 2024

15 hari kalender

3.

Seleksi administrasi

20 Maret – 3 April 2024

15 hari kalender

4.

Pengumuman hasil seleksi administrasi

5 April 2024

1 hari kerja

5.

Seleksi penulisan makalah

16 April 2024

1 hari kerja

6.

Penilaian makalah

17 – 18 April 2024

2 hari kerja

7.

Pengumuman hasil seleksi penulisan makalah

19 April 2024

1 hari kerja

8.

Seleksi assessment center

23 – 25 April 2024

3 hari kerja

9.

Pengumuman hasil seleksi assessment center

15 Mei 2024

1 hari kerja

10.

Seleksi wawancara dengan Panitia Seleksi

17 Mei 2024

1 hari kerja

11.

Pemberitahuan hasil seleksi akhir

29 Mei 2024

1 hari kerja

Catatan: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu, dan setiap perubahan jadwal akan diberitahukan kepada pelamar melalui website.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website https://daftar.menpan.go.id selama 15 hari kalender mulai tanggal 20 Maret 2024 dan ditutup pada tanggal 3 April 2024 paling lambat pukul 15.00 WIB.
  2. Seluruh berkas lamaran diunggah (upload) dalam bentuk softcopy (scan) dengan format PDF (kecuali untuk foto dalam format jpg/jpeg).
  3. Seluruh pengumuman dan perkembangan tahapan seleksi akan disampaikan melalui website https://menpan.go.id. Untuk itu pelamar seleksi diharapkan untuk aktif mengakses website tersebut.
  4. Bagi pelamar yang lulus seleksi penulisan makalah dan akan mengikuti tahapan selanjutnya agar mengunggah (upload) dokumen tambahan dalam bentuk softcopy melalui website https://daftar.menpan.go.id paling lambat tanggal 16 Mei 2024 sebelum seleksi Wawancara dengan Panitia Seleksi. Adapun dokumen tambahan yang harus diunggah adalah sebagai berikut:
    1. Scan Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah, yang terdiri dari:
      1. Surat Keterangan Sehat Jasmani dari Dokter;
      2. Surat Keterangan Sehat Rohani dari Dokter Jiwa/; dan
      3. Surat Keterangan Bebas Narkoba yang lengkap dengan hasil pemeriksaan laboratorium dalam 1 (satu) bulan terakhir.
    2. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.

  5. Narahubung Sekretariat Panitia Seleksi terbuka adalah 0896-7735-7088 (WA) dapat dihubungi pada hari dan jam kerja yaitu Senin – Kamis (08.00 – 16.00 WIB) dan Jumat (08.00 – 16.30 WIB)